Kepada Ketua Konsulat dan Wali Santri

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Kepada para ketua konsulat dan walisantri yang berbahagia.

Panjangnya liburan, dan belum kondusifnya situasi, berpotensi membuat anak-anak kita bosan, jengkel dan emosional. Hal ini bisa menyebabkan mereka mencari pelarian lain, seperti: malas, melawan, tidak mau diperintah, sulit dilarang, main hp seharian, nongkrong, nonton TV terus, dan perbuatan la’bun wa lahwun lainnya.

Kalo ini tidak kita antisipasi, maka bisa mendatangkan hal yang lebih buruk lagi. Maka oleh karena itu, kita para orang tua dan konsulat wajib melakukan pendidikan dan pembinaan di lingkungan dan rumah masing-masing.

Antara lain dengan:

  1. Menugaskan anak-anak kita untuk belajar berdakwah di rumah/lingkungan sekitar setiap selesai sholat shubuh dan maghrib atau waktu lainnya.
  2. Mengontrol qiroah maupun hafalan mereka setidaknya 3 kali sepekan.
  3. Mengajak mereka rihlah atau tadabbur alam ke tempat yang baik.
  4. Mengajak mereka silaturahim ke saudara, guru, ataupun ke rumah orang-orang sholeh.
  5. Mengajarkan mereka melakukan hal-hal yang baru di rumah, seperti: memasak, bertukang, berternak, atau bertaman.
  6. Mengajak mereka menata ulang perabot rumah tangga, memperbaiki yang rusak, atau membuang yang sudah tidak bisa dipakai.
  7. Membuat forum diskusi kecil-kecilan.
  8. Atau mengadakan acara bermanfaat dan menantang lainnya.

Pada dasarnya anak-anak kita itu baik dan berpotensi, namun bila tidak dimotori atau diwadahi, mereka terkadang tidak merasa dibutuhkan atau ditantang.

Pondok tetap akan memberikan tugas-tugas untuk mereka. Namun agar mereka tidak bosan dengan kegiatan yang itu-itu juga saat masuk pondok nanti, maka kegiatan mereka harus kita buat variatif. Sebab, liburan bagi anak-anak pondok pada prinsipnya adalah: beralihnya santri dari satu kegiatan ke kegiatan lainnya.

Demikian kami sampaikan untuk dimaklumi dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Semoga kita dikaruniai anak keturunan yang membahagiakan dan membanggakan. Dan semoga Allah subhanahu wata’ala membantu dan memudahkan segala urusan kita.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
(QS. al-Furqan: 74)
Aamiin

Jazakumullah khairan.
Wassalaam

Pengasuh Pondok.

Scroll to Top